Tugas Desain Web
PROPOSAL
PEMBUATAN WEBSITE PERPUSTAKAAN SEKOLAH
“ PROGRAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI TERPADU
DAN PENGOLAHAN DATA BERBASIS KOMPUTERISASI
MELALUI JARINGAN INTRANET SEKOLAH”
Disusun Oleh:
· PRASETIYO EKO LAKSONO
· Rd. AYU SANTI ANDIYA P
· SYAMSUL MAULANA SIDIQ
· RINI St. NURLIANI
· WIWI WINARTI
· DEVI NURHANAH
· DEWI RUMYATI
UNIVERISITAS ISLAM NUSANTARA
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
ILMU PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI
2013/2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi berbasis komputerisasi pada masa ini menjadi fokus perhatian setiap bidang kehidupan baik individu, institusi, maupun pemerintahan, dan tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Teknologi berbasis komputerisasi ini mulai diterapkan di dunia pendidikan tergolong masih baru, meskipun demikian teknologi berbasis komputerisasi ini diklaim mampu meningkatkan perkembangan pendidikan secara signifikan ini berarti bahwa teknologi tersebut menjadi sarana yang efektif dalam mencapai tujuan pendidikan.
Pada dunia pendidikan teknologi berbasis komputerisasi dijadikan sebagai media pembelajaran, media informasi dan pengolahan data. Sebagai media pembelajaran, teknologi komputerisasi ini merupakan formula untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menarik dengan pola mengemas bahan atau materi ajar dalam bentuk interactive learning. Tidak hanya itu, sistem informasi berbasis komputerisasi mulai dijadikan sebagai sarana informasi dan pengolahan data pada bidang pendidikan. Sistem informasi dan pengolahan data berbasis komputerisasi ini memberikan kemudahan dalam mengelola dan mengolah data dan informasi baik yang bersifat akademik maupun non-akademik yang berorientasi pada keterbukaan akan informasi profesionalisme.
Pemanfaatan teknologi komputerisasi menjadi kebutuhan dalam bidang pendidikan baik untuk menyampaikan informasi maupun mendapatkan informasi antara lain:
a. Akses informasi
Teknologi komputerisasi memungkinkan kita dapat mengakses data dan informasi baik melalui jaringan internet ataupun intranet
b. Sebagai media pembelajaran
Teknologi komputerisasi dapat dijadikan sebagai media dalam menyampaikan materi bahan ajar melalui pendekatan yang bersifat interaktif, dan komunikatif antara lain:
1) Bentuk belajar model, yaitu peserta didik dapat belajar melalui latihan-latihan yang diulang-ulang sehingga peserta didik dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan tertentu, misalnya untuk pelajaran praktikum dan keterampilan,
2) Bentuk pembelajaran tutorial, yaitu bentuk belajar yang diberikan dengan sistem modul, dalam hal ini komputer akan menampilkan informasi-informasi yang perlu diketahui dan dipahami serta direspons oleh peserta didik,
3) bentuk pembelajaran jenis tes, dalam hal ini peserta didik menyampaikan permasalahan yang sudah dikuasai dan belum dikuasai, sehingga ada umpan balik dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran selanjutnya.
Kebutuhan akan informasi serta pola pendekatan tersebut menjadi prioritas dalam dunia pendidikan di masa ini.
1.2. Tujuan
Upaya mencapai proses pembelajaran serta peningkatan kinerja secara efektif melalui program pengembangan media informasi, media pembelajaran dan pengolahan data berbasis komputerisasi dan jaringan intranet merupakan pemetaan dari visi dan misi SMP YAPI AL-HUSAENI dalam menciptakan peserta didik yang berkualitas, serta penyelenggaraan pendidikan yang berorientasi pada peningkatan profesionalisme.
Tujuan dari program pengembangan sistem informasi terpadu dan pengolahan data berbasis komputerisasi melalui jaringan intranet sekolah ini antara lain:
1. Memberikan pelayanan informasi baik kepada siswa maupun guru.
2. Menciptakan kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar melalui model pembelajaran interaktif dan komunikatif.
3. Mencapai efektivitas tujuan penyelenggaraan pendidikan
4. Meningkatkan profesionalisme dan etos kerja
5. Sebagai upaya dalam mencapai visi dan misi sekolah.
1.3. Manfaat
Bagi Tenaga pendidik
1. Sekolah mempunyai data data profil siswa yang akurat
2. Membantu siswa dalam berkreasi
3. Menampilkan profil sekolah yang terbaru
4. Terjalinnya Interaksi antar siswa Guru dan siswa yang tidak terbatas dengan ruang dan waktu
5. Mengenalkan Profil sekolah secara umum bahkan dunia
6. Menyediakan sarana belajar bagi siswa yang tidak terbatas dengan ruang dan waktu
Bagi Siswa
1. Melihat informasi – informasi terbaru dari sekolah
2. Mengakses Materi materi pelajaran yang ada di sekolah dan tak terbatas
Mempunyai tempat untuk Menyalurkan kreasi di web sekolah
BAB II
FUNGSI DAN TEKNIS PENGELOLAAN
SISTEM INFORMASI TERPADU DAN PENGELOHAN DATA
2.1. Fungsi Sistem Informasi Terpadu dan Pengolahan Data Berbasis Komputerisasi
Sistem informasi terpadu dan pengolahan data ini merupakan sarana multimedia yang memiliki banyak fitur serta fungsi, baik sebagai sarana komunikasi, pengolahan data dan informasi, serta sebagai media pembelajaran yang antara lain:
A. Sarana Komunikasi dan Informasi
1. Majalah dinding elektronik melalui jaringan intranet dan internet
2. Perpustakaan Elektronik
B. Sarana Pengolahan Data dan Informasi
Mekanisme pengelolaan dan pengolahan data dan informasi berbasis komputerisasi pada setiap bidang, dikelola oleh setiap pengurus/pengelola yang bertanggung jawab di bidangnya yakni:
- Wakil kepala sekolah bidang kurikulum
- Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan
- Wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana
- Wakil kepala sekolah bidang humas
- BP/BK
- Tata usaha
- Pustakawan
- Pengelola Laboratorium
- Guru
- Guru piket
- Pembina OSIS dan ekstrakurikuler
- Panitia Penerimaan Siswa Baru
Data dan informasi yang diolah antara lain:
1. Data Akademik
2. Data Kesiswaan
3. Data Sarana dan Prasarana
4. Data Perpustakaan
C. Media Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran dari program ini merupakan bagian yang terintegrasi dalam sistem informasi terpadu, karena di dalamnya memuat bahan ajar yang dapat dijadikan sebagai bahan materi ataupun referensi baik bagi guru maupun bagi siswa yang dapat di akses melalui jaringan intranet di dalam ruangan kelas. Bahan atau referensi materi ini dikemas dalam bentuk pelayanan berbasis web antara lain:
1. Perpustakaan Elektronik
2. Media pembelajaran interaktif
2.2. Perangkat Sistem Informasi, Media Pembelajaran dan Pengolahan Data Berbasis Komputerisasi
A. Perangkat Keras
1. PC Server
· Sistem operasi Windows 7 Ultimate 64-bit (6.1, Build 7601)
2. Perangkat Nirkabel
3. Display
4. IP Camera/Webcam
B. Perangkat Lunak
1. Software Sistem Informasi Terpadu dan Pengolahan data
2. Software Media Pembelajaran
3. Software Web Site Builder
4. Spesifikasi software yang digunakan penulis dalam pembuatan website
§ Notepad ++ 6.4.2
§ Xampp 1.7.1 32-bit
§ Google Chrome
§ Adobe Photoshop CS3
§ Adobe Dreamweaver CS3
§ Corel Draw X5
2.3. Pengguna
Secara umum jaringan intranet tidak beda jauh dengan internet, hanya sedikit perbedaannya yakni terbatasnya akses pengguna dalam arti jaringan ini tidak seluas jaringan internet. Keterbatasan tersebut bukan merupakan kendala karena informasi masih dapat diakses oleh setiap pengguna di lingkungan yang bersifat lokal melalui jaringan intranet (LAN).
Intranet yang bersifat lokal dalam program ini merupakan sarana pengolahan data, informasi dan komunikasi, serta koordinasi yang dapat diakses oleh pengguna di lingkungan sekolah baik oleh siswa maupun guru dan karyawan.
Pengguna yang terdaftar dalam database dapat mengakses sistem informasi terpadu sesuai dengan hak akses setiap pengguna sesuai dengan lingkup pengguna. Untuk dapat mengakses data dan informasi pengguna terlebih dahulu login dengan user id setiap pengguna.
Data dan informasi yang terdapat dalam jaringan intranet ini antara lain:
1. Data dan informasi siswa (informasi siswa) meliputi:
- Daftar hadir siswa
- Jejaring sosial
- Media pembelajaran
2. Data dan informasi guru dan karyawan (informasi guru), meliputi:
- Administrasi dan Program kerja guru
- Media pembelajaran dan bahan ajar
- Data pribadi guru (berupa file-file/bahan ajar dan dokumen-dokumen lainnya)
- Presensi kehadiran
- Media informasi dan komunikasi
3. Data dan informasi akademik
- Kalender akademik
- Program kurikulum
- Penilaian siswa
- Evaluasi akademik dll.
4. Data perpustakaan
- Administrasi perpustakaan
- Kegiatan-kegiatan perpustakaan
- Informasi Pengelolaan perpustakaan
5. Mading elektronik
6. Perpustakaan elektronik.
Melalui metode pengolahan data dan informasi terpadu berbasis komputerisasi dalam jaringan intranet ini memungkinkan setiap pengguna di lingkungan sekolah dapat menyerap informasi yang aktual baik informasi siswa, guru dan karyawan maupun informasi sekolah. Data dan informasi tersebut dapat diakses melalui jaringan intranet (local area network), hanya bagi pengguna yang terdaftar di lingkungan sekolah.
2.4. Teknis Pengolahan Data
Informasi merupakan bentuk dari uraian data-data yang telah diolah. Melalui informasi yang dikemas dalam bentuk digital dan komputerisasi ini, data-data diolah oleh setiap pengelola data pada setiap bidangnya, kemudian digabungkan dan diolah melalui server untuk dipublikasikan sebagai informasi yang siap diserap baik oleh siswa maupun oleh guru dan karyawan.
Pengolahan data-data ini bersifat otomatis sehingga setiap data-data yang diolah akan melakukan sinkronisasi secara online melalui jaringan intranet. Sinkronisasi data ini menjadi formula penting dalam membuat informasi yang akurat dan terpercaya. Sedangkan sumber data yang diolah didapatkan dari proses penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan kegiatan-kegiatan lain yang diselenggarakan oleh sekolah, diantaranya: data diperoleh dari manajemen sekolah, guru, guru piket, wali kelas, pengelola perpustakaan, pengelola keuangan, tata usaha, pengelola laboratorium, dan pembina ekstrakurikuler. Untuk sinkronisasi data yang bersifat online ini dapat menggunakan media seperti: Laptop/Netbook, tablet PC, dan Komputer.
BAB III
RENCANA ANGGARAN BIAYA
Program pengembangan sistem informasi terpadu merupakan program sekolah, sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan serta peningkatan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, dalam menunjang efektivitas proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
Terlaksananya program ini bergantung kepada kesiapan akan sarana dan prasarana penunjangnya yakni:
1. Perangkat keras
2. Perangkat Lunak
3. Pengelola (Tim)/operator
Penunjang tersebut bersifat primer dan membutuhkan biaya. Rincian sarana dan rincian pembiayaannya terlampir.
No
|
Uraian
|
Biaya
|
1.
|
Jasa Pembuatan Website
|
Rp. 2.000.000
|
2.
|
Biaya Paket Hosting Rp. 25.000/Bln
|
Rp. 300.000
|
3
|
Jasa Perawatan Website 100.000/Bln
|
Rp. 1.200.000
|
JUMLAH TOTAL
|
Rp. 3.500.000
|
NO
|
Item
|
Sat
|
QTY
|
Harga (Rp)
|
Ket
| |||
Satuan
|
Jumlah
| |||||||
I
|
Perangkat Keras
| |||||||
1
|
Server
|
unit
|
1
|
23.000.000
|
Ada
| |||
2
|
PC Operator
|
unit
|
1
|
4.500.000
|
Ada
| |||
3
|
Wifi Router
|
unit
|
5
|
400.000
|
2.000.000
|
disesuaikan
| ||
4
|
Printer
|
unit
|
1
|
1.000.000
|
ada
| |||
5
|
Display 42"
|
unit
|
1
|
5.000.000
|
disesuaikan
| |||
6
|
Camera Digital
|
unit
|
1
|
2.500.000
|
disesuaikan
| |||
7
|
Mikrotik Routerboard
|
unit
|
1
|
500.000
|
disesuaikan
| |||
8
|
Switch 16 port
|
unit
|
1
|
400.000
|
Ada
| |||
9
|
Kabel VGA (5m)
|
m
|
1
|
350.000
|
350.000
| |||
10
|
Kabel RJ 45
|
Rol
|
1
|
200.000
|
200.000
| |||
11
|
Finger Print
|
unit
|
1
|
3.000.000
|
3.000.000
| |||
12
|
Hardisk External 1 TB
|
unit
|
1
|
1.000.000
|
disesuaikan
| |||
II
|
Perangkat Lunak
| |||||||
1
|
Software Sistem Informasi dan Pengolahan data
|
paket
|
1
|
Free
|
disesuaikan
| |||
2
|
Software Media Pembelajaran JSM
|
paket
|
1
|
12.000.000
|
Ada
| |||
3
|
Software Web Site Builder
|
paket
|
1
|
Free
|
Ada
| |||
4
|
Buku Sekolah Elektronik
|
paket
|
1
|
Free
|
Ada
| |||
5
|
Software penunjang
|
paket
|
disesuaikan
| |||||
III
|
Instalasi Perangkat Lunak dan Jaringan
| |||||||
1
|
Persiapan, Perencanaan dan desain Program (TIM)
|
paket
|
1
|
3.000.000
|
3.000.000
| |||
Pembuatan Form Pendataan dan input data
|
paket
|
1
|
1.000.000
|
1.000.000
| ||||
2
|
Honor Operator
|
paket
|
disesuaikan
| |||||
3
|
Pembuatan modul dan pelaksanaan Bintek
|
paket
|
disesuaikan
| |||||
4
|
Jaringan LAN/Intranet
|
paket
|
1
|
500.000
|
500.000
| |||
IV
|
Biaya Lain-lain
| |||||||
1
|
Transportasi
|
frek
|
1
|
500.000
|
500.000
| |||
2
|
Biaya Tak terduga
|
paket
|
1
|
1.000.000
|
1.000.000
| |||
Jumlah (Rp)
|
11.550.000
|
BAB IV
PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI TERPADU
4.1. Manajemen Sistem Informasi Terpadu
Pengelola sistem Informasi terpadu
Penanggung Jawab : Kepala Sekolah
Administrator : Ahmad Zaini Purnomo, S.I.P
Operator/Staf :
1. Akademik
2. Keuangan
3. Perpustakaan dan Multimedia
4. Teknisi
4.2. Tugas dan Fungsi Pengelola Pusat Informasi dan Pengolahan Data
1. Administrator
a. Sebagai pelaksana
b. Mengawasi program sistem informasi terpadu
c. Mengevaluasi dan menyusun laporan serta melaporkan kepada Sekolah secara berkala
2. Staf Akademik
a. Menyiapkan dan meng-input data-data yang berkaitan dengan bidang akademik antara lain:
b. Melakukan koordinasi dengan PKS Kurikulum, PKS Kesiswaan dan PKS Humas
c. Melakukan koordinasi dengan BP/BK
d. Melakukan koordianasi dengan guru dan wali kelas
e. Meng-input data yang berkaitan dengan
- data-data kurikulum dan data-data kesiswaan dan data penunjang lainnya
- presensi siswa, guru dan pegawai
3. Staf Keuangan
a. Melakukan koordinasi dengan bendahara
b. Melakukan koordinasi dengan PKS Sarana dan prasarana
c. Meng-input data yang berkaitan dengan keuangan, data inventarisir sarana dan prasarana
4. Staf Perpustakaan dan Multimedia
a. Melakukan koordianasi dengan pengelola perpustakaan
b. Melakukan koordinasi dengan pengelolaan Laboratorium
c. Melakukan koordinasi dengan guru
d. Meng-input data perpustakaan dan data inventarisir buku
e. Membuat dan menyiapkan Modul atau media pembelajaran bersama guru
BAB V
PENUTUP
Demikian program pengembangan sistem informasi terpadu dan pengolahan data berbasis komputerisasi melalui jaringan intranet sekolah, yang merupakan upaya untuk menciptakan proses pembelajaran secara efektif, menyenangkan, serta sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas yang diharapkan, sesuai dengan visi dan misi sekolah. Hal-hal yang berkaitan dengan kurangnya penjelasan dalam program ini, akan dijelaskan lebih lanjut dalam penggunaannya.
Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan segala niat baik kita dalam upaya ini dapat terlaksana
0 Response to "Tugas Desain Web"
Posting Komentar